Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Muatan Positif Pada Sebuah Benda Netral

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang muatan positif pada sebuah benda netral. Materi ini merupakan bagian dari pembelajaran tentang listrik statis.

Sebagaimana yang diketahui, muatan terbagi menjadi dua jenis, yaitu muatan positif dan muatan negatif.
 
Setiap benda pasti memiliki kedua jenis muatan ini, meskipun terkadang berbeda dalam hal komposisi. 

Ada benda yang memiliki lebih banyak muatan positif daripada muatan negatif. Nah benda ini bisa disebut sedang bermuatan positif.

Ada juga benda yang memiliki muatan negatif lebih banyak daripada muatan positif. Nah, benda ini selanjutnya bisa disebut sedang bermuatan negatif.

Namun, ada juga benda yang memiliki jumlah muatan positif yang sama banyak dengan jumlah muatan negatif. Nah, inilah yang disebut dengan benda netral.

Tahukah kalian apa nama muatan positif pada sebuah benda netral? Baiklah berikut ini, kakak terangkan...

Muatan Positif Pada Sebuah Benda Netral

Dalam fisika, muatan positif pada sebuah benda netral disebut proton dengan nilai muatan sebesar +1,602 x 10-19 Coulomb. Tanda plus (+) menunjukkan bahwa partikel ini membawa muatan positif.
 
Pada sebuah atom, proton terletak di bagian inti bersama-sama dengan neutron. Di sekelilingnya, terdapat elektron yang mengitari inti dengan lintasan tertentu.
 
Muatan Positif Benda Netral
 
Benda netral tersusun dari atom-atom netral. Pada atom netral, jumlah elektron yang mengitari inti atom sama dengan jumlah proton dalam inti atom.
 
Namun, benda netral bisa berubah menjadi benda bermuatan ketika terjadi aktivitas perpindahan elektron.
 
Jika benda itu melepaskan elektronnya, maka benda akan bermuatan positif. Sebaliknya, jika benda itu mendapatkan elektron dari benda lain, maka benda itu akan bermuatan negatif.

Kesimpulan

Jadi, muatan positif pada sebuah benda netral disebut proton dengan nilai muatan sebesar +1,602 x 10-19 Coulomb. Tanda plus (+) menunjukkan bahwa partikel ini membawa muatan positif.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan apa nama muatan positif pada sebuah benda netral? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Muatan Positif Pada Sebuah Benda Netral Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar