Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Jenis Gelombang Elektromagnetik yang Dapat Merusak Sel Manusia

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas seputar gelombang elektromagnetik.
 
jenis gelombang elektromagnetik merusak sel manusia
 
Adik-adik. tahukah kalian, jenis gelombang elektromagnetik yang energinya paling besar sehingga dapat merusak jaringan sel manusia?
 
Untuk diketahui, gelombang elektromagnetik terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan tingkat energinya, mulai dari yang terkecil sampai terbesar.
 
Terdapat satu jenis gelombang elektromagnetik dengan tingkat energi paling besar yang sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak jaringan sel-sel.
 
Gelombang apakah itu? Yuk, berikut ini uraiannya... 

Jenis Gelombang Elektromagnetik yang Dapat Merusak Sel Manusia

Gelombang elektromagnetik yang memiliki energi paling besar adalah sinar gamma. Oleh karena energinya yang besar, maka sinar ini dapat merusak jaringan sel tubuh manusia. 
 
Sinar gamma memiliki frekuensi yang tinggi, sering dihasilkan pada reaksi fisi nuklir. Jika terpapar sinar ini dalam intensitas tinggi, maka akan menyebabkan efek yang serius seperti mandul dan kanker jika diserap pada jaringan makhluk hidup secara berlebihan. 

Secara berturut-turut, urutan energi gelombang elektromagnetik mulai dari yang terbesar sampai terkecil adalah sinar gamma, sinar X, sinar ultraviolet (V), dan sinar inframerah.

Gimana adik-adik, udah paham kan jenis gelombang elektromagnetik yang energinya paling besar sehingga dapat merusak jaringan sel manusia.

Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Jenis Gelombang Elektromagnetik yang Dapat Merusak Sel Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar