Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Gaya Tarik atau Gaya Tolak antara Dua Muatan Berdekatan

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan gaya tarik dan gaya tolak yang terjadi pada dua buah muatan saat keduanya saling berdekatan.
 
Jadi, ketika dua buah muatan saling berdekatan, maka ada dua kemungkinan gaya yang terjadi. Pertama, jika keduanya berlainan muatan (positif-negatif) maka akan terjadi gaya tarik.

Tetapi, jika keduanya bermuatan sejenis (positif-positif atau negatif-negatif), maka akan terjadi gaya tolak-menolak.

Nah, ada istilah khusus untuk menamai fenomena ini. Tahukah kalian apakah istilah itu? Baiklah, berikut ini kakak terangkan...

Gaya Tarik atau Gaya Tolak antara Dua Muatan yang Saling Berdekatan

Dalam fisika, gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan yang saling berdekatan disebut gaya elektrostatis atau gaya Coulomb.
 
Besarnya berbanding lurus dengan hasil kali nilai masing-masing muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda tersebut.
 
Gaya Tarik atau Gaya Tolak Dua Muatan Berdekatan
Dinamai gaya Coulomb untuk menghormati penemu yang pertama kali menyadari gejala ini, yaitu Charles Augustin de Coulomb, seorang fisikawan berkebangsaan Prancis.
 
Gaya Coulomb hadir dalam dua bentuk, yaitu gaya tarik dan gaya tolak.
 
Gaya tarik adalah gaya Coulomb yang terjadi pada dua muatan yang tidak sejenis, contohnya muatan positif berdekatan dengan muatan negatif.
 
Sedangkan, gaya tolak terjadi pada dua muatan yang sejenis, contohnya muatan positif berdekatan dengan muatan positif lainnya.

Kesimpulan

Jadi, gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan yang saling berdekatan disebut gaya elektrostatis atau gaya Coulomb. 
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan disebut apa gaya tarik atau gaya tolak antara dua muatan yang saling berdekatan? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Gaya Tarik atau Gaya Tolak antara Dua Muatan Berdekatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar