Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Frekuensi Bunyi dari Suatu Sumber Bunyi oleh Seorang Pengamat

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang bunyi, yaitu tentang frekuensi bunyi dari suatu sumber bunyi yang terdengar oleh seorang pengamat.

Frekuensi Bunyi dari Suatu Sumber Bunyi oleh Seorang Pengamat

Pada saat suatu sumber mengeluarkan bunyi dengan frekuensi tertentu, maka frekuensi yang terdengar oleh pengamat bisa bertambah atau berkurang.

Tergantung bagaimana posisi antara sumber dan pengamat pada saat tersebut. 

Nah, berikut ini akan kakak terangkan kapan suatu frekuensi terdengar bertambah dan kapan ia justru berkurang. 

Frekuensi Bunyi dari Suatu Sumber Bunyi oleh Seorang Pengamat

Frekuensi bunyi dari suatu sumber bunyi oleh seorang pengamat akan terdengar bertambah jika sumber bunyi mendekati pengamat yang sedang diam.
 
Frekuensi bunyi dari suatu sumber bunyi oleh seorang pengamat akan terdengar bertambah jika sumber diam dan pengamat mendekati sumber bunyi.
 
Frekuensi bunyi dari suatu sumber bunyi oleh seorang pengamat akan terdengar berkurang jika pengamat diam dan sumber bergerak menjauhi pengamat.
 
Perubahan frekuensi yang diterima oleh pengamat bisa terjadi karena adanya efek doppler. 
 
Efek doppler adalah perubahan frekuensi gelombang dari suatu sumber yang diterima oleh detektor akibat perubahan posisi atau pergerakan relatif detektor terhadap sumber gelombang atau sebaliknya. 

Kesimpulan

Jadi, frekuensi bunyi dari suatu sumber bunyi oleh seorang pengamat akan terdengar bertambah atau berkurang tergantung posisi pengamat dan sumber pada saat itu. 

Gimana adik-adik, udah paham kan materi di atas? Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.
Frekuensi Bunyi dari Suatu Sumber Bunyi oleh Seorang Pengamat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar