Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Kapan Bunyi Tidak Dapat Merambat? Begini Penjelasannya...

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas tentang suatu keadaan dimana bunyi tidak dapat merambat.

bunyi tidak dapat merambat

Mungkin, kebanyakan dari kalian tidak menyadari adanya fakta ini. Wajar, sebab setiap hari kita mendengar aneka jenis bunyi-bunyian yang berasal dari bermacam-macam sumber di sekitar kita.

Namun, fenomena fisika ini benar adanya, bahwa bunyi tidak selalu dapat merambat. Ketika bunyi tidak dapat merambat, artinya tidak ada bunyi yang bisa di dengar.

Nah, berikut ini akan kakak terangkan kapan atau dimana fenomena tersebut bisa terjadi...

Bunyi Tidak Dapat Merambat

Dalam fisika, bunyi disebut tidak dapat rambat ketika ia berada di ruang hampa (vakum), yaitu ruang kosong tanpa kehadiran medium.

Bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa karena bunyi termasuk ke dalam jenis gelombang mekanik, yaitu gelombang yang mensyaratkan adanya medium.

Medium perambatan bunyi adalah semua zat atau benda yang kita kenal sekarang ini, seperti zat padat, zat cair, dan zat gas. 

Tanpa kehadiran zat-zat perantara ini, maka bunyi tidak memenuhi syarat untuk merambat. 

Dengan bahasa yang lebih sederhana, bisa kita katakan bahwa zat-zat ini menjadi semacam jembatan bagi bunyi untuk sampai ke telinga pendengar.

Contoh Ruang Hampa

Contoh ruang hampa adalah ruang yang berada di luar bumi kita, yaitu ruang angkasa. 
 
Sekarang mari kita berandai-andai, anggaplah kalian memiliki kemampuan khusus bisa melayang di luar angkasa. Nah, ketika kalian berada di ruang angkasa, maka yang kalian temui adalah kesunyian.
 
Tidak ada suara apapun yang terdengar, meskipun di depan kalian ada dua buah meteor yang sedang bertabrakan keras sampai hancur. 
 
Hal ini disebabkan oleh tidak adanya zat perantara antara telinga kalian dengan tabrakan meteor tadi sehingga suaranya tidak terdengar.

Namun, untungnya saja bunyi memiliki sifat seperti itu. Sebab jika tidak, maka setiap hari di bumi kita akan dikagetkan oleh bunyi dentuman keras dari tabrakan meteor di luar angkasa.

Kesimpulan

Jadi, bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa sebab tidak ada medium (zat perantara) yang digunakan oleh bunyi untuk merambat. 

Gimana adik-adik, udah paham kan materi di atas? Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Kapan Bunyi Tidak Dapat Merambat? Begini Penjelasannya... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar