Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

(Jawaban) Bunyi Tidak dapat Merambat Melalui?

Apa kabar adik-adik? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat. Materi fisika kita kali ini akan membahas tentang gelombang bunyi.

gelombang bunyi tidak dapat merambat melalui

Kalian pasti sudah tahu apa itu bunyi, sebab setiap hari kita alami. Semua yang kita dengar melalui telinga, maka itulah bunyi.

Dalam fisika, bunyi merupakan salah satu bentuk gelombang dan memiliki sifat-sifat tertentu yang menjadi ciri khasnya.

Salah satu ciri tersebut adalah pada kondisi tertentu bunyi tidak dapat merambat. Kondisi apakah itu dan mengapa bisa seperti itu? 

Baiklah, berikut ini kakak terangkan...

Bunyi Tidak dapat Merambat Melalui Ruang Hampa

Salah satu ciri dari gelombang bunyi adalah bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa. Dalam fisika, ruang hampa diartikan sebagai ruang kosong yang tidak terdapat materi.

Mengapa bisa seperti itu? Jadi, bunyi termasuk ke dalam jenis gelombang mekanik, yaitu gelombang yang memerlukan medium dalam perambatannya.
 
Medium gelombang bunyi terdiri dari zat padat, zat cair, dan zat gas. Tanpa kehadiran ketiga zat ini, maka bunyi tidak akan dapat merambat.
 
Di dalam ruang hampa, ketiga zat tersebut tidak ada. Itulah sebabnya mengapa sehingga bunyi tidak dapat merambat.

Kesimpulan

Jadi, bunyi tidak dapat merambat melalui ruang hampa. Akan tetapi, bunyi dapat merambat melalui​ zat padat, zat cair, dan zat gas. 
 
Gimana adik-adik, udah paham kan mengapa bunyi tidak dapat melalui ruang hampa? Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya...
(Jawaban) Bunyi Tidak dapat Merambat Melalui? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar