Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

Benda yang Kelebihan Elektron akan Bermuatan? Inilah Jawabannya

Adik-adik, materi fisika kita kali ini akan membahas tentang jenis muatan yang dimiliki oleh sebuah benda. Materi ini merupakan bagian dari pembelajaran listrik statis.
 
Berdasarkan jenis muatannya, benda-benda dibedakan menjadi 3 macam, yaitu benda bermuatan positif, bermuatan negatif, dan netral.

Sebenarnya, perbedaan jenis muatan benda itu terjadi karena adanya aktivitas perpindahan elektron dari satu benda ke benda lainnya.

Terkaitnya dengan aktivitas tersebut, terdapat suatu kondisi di mana benda memiliki kelebihan elektron setelah menerima perpindahan elektron.

Menurut kalian, bermuatan apakah benda yang kelebihan elektron tersebut? Baiklah, berikut ini kakak terangkan...

Benda yang Kelebihan Elektron akan Bermuatan

Dalam fisika, benda yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif karena kelebihan elektron akan membuat muatan negatif suatu benda lebih banyak daripada muatan positifnya. 
 
Benda yang Kelebihan Elektron
 
Elektron adalah partikel atom pembawa muatan negatif dengan nilai muatan sebesar -1,602 x 10-19 Coulomb. Tanda minus (-) menunjukkan bahwa partikel ini membawa muatan negatif.
 
Sehingga, kelebihan elektron pada suatu benda sama artinya dengan kelebihan muatan negatif karena jumlahnya lebih banyak daripada muatan positif.

Muatan positif sendiri dibawa oleh partikel yang bernama proton dengan nilai muatan yang sama besar dengan muatan elektron namun berlawanan tanda. (muatan proton = +1,602 x 10-19 Coulomb).

Kesimpulan

Jadi, benda yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif.
 
Gimana adik-adik, udah tahu kan muatan benda yang kelebihan elektron? Jangan lupa lagi yah.
 
Sekian dulu materi kali ini, bagikan agar teman yang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Benda yang Kelebihan Elektron akan Bermuatan? Inilah Jawabannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar