Materi Fisika, Rumus, dan Contoh Soal

[Jawaban] Alat Untuk Mengukur Tekanan Atmosfer

Artikel ini berisi penjelasan tentang alat untuk mengukur tekanan atmosfer. Atmosfer disebut juga dengan selimut udara yang membungkus bumi. Atmosfer yang terdiri dari beberapa lapisan ini menjadi pembatas antara bumi dengan ruang angkasa. Komposisinya terdiri dari oksigen (20%), nitrogen (78%), dan gas-gas lain sebesar 2%.

alat untuk mengukur tekanan atmosfer

Atmosfer tetap melekat pada bumi, tidak mengambang atau terlepas ke luar angkasa karena adanya kekuatan gravitasi bumi yang menarik gas-gas atmosfer dan mencegahnya terlepas ke luar angkasa. Atmosfer berfungsi menjaga panas, khususnya di malam hari ketika sebagian bumi membelakangi matahari. Ketika siang hari, selimut ini berubah fungsi menjadi pelindung dari sinar matahari.

Atmosfer juga memiliki tekanan yang bisa diukur dengan menggunakan alat. Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikan nama dari alat tersebut beserta cara kerjanya. Yuk, berikut ini pembahasannya...

Tekanan Atmosfer

Tekanan atmosfer adalah tekanan pada titik manapun di atmosfer bumi. Tekanan atmosfer terjadi karena udara memiliki berat dan udara tersebut menekan bumi beserta isinya. Sehingga semakin banyak udara di atas maka semakin kuat pula tekanan atmosfernya, demikian pula sebaliknya. Contoh jika seseorang berada di tempat yang semakin tinggi maka semakin sedikit udara yang ada di atasnya maka semakin rendah pula tekanannya.

Udara memiliki berat karena pengaruh gravitasi bumi. Hal ini mengakibatkan tekanan atmosfer di sekitar kita. Umumnya, besar tekanan ini diukur dari permukaan laut. Semakin tinggi suatu tempat dari permukaan laut, makin rendah tekanan atmosfernya. Setiap naik 10 meter dari permukaan laut maka tekanan atmosfernya berkurang 1 mmHg.

Alat Untuk Mengukur Tekanan Atmosfer

Tekanan atmosfer diukur dengan menggunakan alat yang bernama barometer. Alat ini ditemukan oleh Evangelista Torricelli, seorang fisikawan berkebangsaan Italia pada tahun 1644. Ia menggunakan tabung kaca dan air raksa untuk membuat barometer pertamanya. Tinggi kolom air raksa di dalam tabung kaca menyatakan besarnya tekanan atmosfer.

Jenis-Jenis Barometer

Barometer sebagai alat pengukur tekanan atmosfer terdiri 4 jenis, yaitu:
  • Barometer air raksa, yaitu barometer yang terdiri dari tabung kaca vertikal dengan kolom air raksa di dalamnya.
  • Barometer air. yaitu barometer yang terdiri dari wadah kaca tertutup yang setengah terisi air dan semacam cabang kecil (cerat)
  • Barometer aneroid, yaitu barometer yang terdiri dari logam lentur yang dikenal dengan nama kapsul aneroid atau sel.
  • Barograf, yaitu barometer yang dilengkapi dengan alat perekamanan atau pencatatan data hasil pembacaan tekanan atmosfer.
Demikianlah penjelasan tentang Alat Untuk Mengukur Tekanan Atmosfer. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Alat Untuk Mengukur Tekanan Atmosfer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Afdan Fisika

0 komentar:

Posting Komentar